Wednesday, June 18, 2008

Belajar dari anak

Kl ngeliat tingkah laku anak kecil kadang suka heran juga sekaligus kagum, gimana gak? Mereka di mana aja, kapan pun, selalu bisa main dengan anak-anak yang lain. Coba deh perhatiin kl belon pernah, pasti ntar salut.

Kemaren ini gw ke dokter nganter chaofan sakit, batuk gak sembuh-sembuh, trus selesai diperiksa di main di taman yg ada di sekitar situ. Gw liatin aja, ternyata dia dapet teman baru, 2 orang. Maen prosotan, kejar2an, muter-muter, gw ajak pulang gak mau katanya masih mau maen. Padahal gw yakin banget tuh anak gak tau sapa namanya tuh temen baru dia tapi yg gue salut ya itu, namanya anak kecil, mereka gak peduli mau gak kenal kek, mau gak seiman kek, mau lain suku kek, mau item or putih, lebih gede apa kecil, gak peduli. Pokonya dianggap semua itu temennya gak pilih-pilih. Trus satu lagi yang bikin gw salut juga, kalo mereka lagi berantem. Coba deh, pasti gak butuh waktu lama mereka bakalan ketawa-ketawa lagi, maen bareng lagi seolah-olah sebelumnya mereka gak berantem. Hebat ya. Walaupun ada yg bilang 'ya iya lah wong belon tau apa itu dendam', 'ya iya wong belon makan asem garem, pahit-manisnya hidup', ada lagi yang bilang 'kan pikirannya belon serumit orang gede' dll. Tapi menurut gw tetep aja hebat.

Coba kalo kita, yang katanya orang-orang dewasa, pasti deh kalo berantem diem-diemnya bisa bertaon-taon. Bahkan ada yang seumur hidup masih marah, msh dendam, gak mau memaafkan. Mungkin ada yang bilang "ok, gw maapin" tapi kenyataannya dia masih marah , masih dendam, gak bisa berhubungan kayak dulu lagi sebelum berantem. Itu sih kl gw bilang tidak memaafkan. Yang namanya memaafkan tuh ya sekalian melupakan kayak anak-anak kecil itu. Terus terang gw aja kadang-kadang gak bisa kayak gitu. Dalam beberapa kasus dalam hidup gw, ada kalanya gw benar-benar bisa melupakan dan tetep punya hubungan yang baik tapi ada juga kasus-kasus tertentu yang menghambat gw buat memaafkan dan melupakan. Hambatan-hambatannya ya macem-macem, bisa dari gw sendiri yang emang sengaja gak mau or dari pihak yang satu. Misalnya, gw dah netepin mau melupakan dan memulai hubungan yang baik lagi, tapi orangnya yang gak mau tetep inget-inget gw punya salah apa, punya dosa apa dll. Sikap gw? Dulu-dulu gw pasti kepikiran kenapa ya gw dah gini kok masih aja salah, sekarang? Cuek. EGP aja lah, toh menurut gw, gw dah berusaha bersikap baik kalo orangnya tetep gak suka ya udah.
Temen gw punya saran yang ok: 'dibawa enjoy aja, wong kita gak ikut ngasih makan or dikasih makan sama mereka kok mumet, ojo terlalu dipikir ntar stres dewe". Gw pikir-pikir bener juga, ngapain gw pusing. Selama itu bukan ortu, mertua, saudara kandung or ipar, gw gak peduli lagi sekarang. Silakan klo mau ngamuk terus ama gw, mau gak seneng terus ya monggo. Hak pribadi kok mau melupakan/memaafkan or tidak. Yang penting gw tetep berusaha hidup damai dengan siapapun kayak anak-anak gw.

No comments:

Post a Comment