Thursday, June 26, 2008

Belajar seperti anak (2)

Ternyata belajar menjadi anak-anak tuh ya cukup susah buat gw hehehe... gak segampang teorinya. Belum lama gw posting tentang itu eh minggu kemaren gw ke gereja temanya juga itu "Terpanggil menjadi seperti anak-anak".
Yang jelas ada 4 poin utama katanya : Kejujuran, pemaaf, tangkas (cepat tanggap), waduh satu lagi apa ya kok gw lupa :D. kemaren-kemaren dah mau gw posting tapi gak sempet mulu berhubung pergi mulu :p.

Buat gw poin pertama "jujur", itu dah susah. Kenapa? Soalnya gw kadang juga gak mau jujur sama diri sendiri. Gw seringnya menutup semua ganjelan-ganjelan gw, gw sering ngomong ke diri sendiri klo masalah yang gw hadapi itu gak berpengaruh apapun ke gw. Padahal alam bawah sadar gw merekam semua itu dan menganggap itu luka yang harus disembuhkan, tapi gw gak mau ngaku kalo gw terluka. Nah hal itu kan dah gak jujur sama diri sendiri.

Trus poin ke dua "pemaaf", dibilang gampang kok ya susah. Gampang, kadang gw gampang banget memaafkan orang dan melupakan, bener-bener melupakan semua masalah dan kembali baik. Heran juga gw, kok ya bisa gw bener-bener segampang itu. Tapi...ada kalanya susah bener suruh memaafkan, apalagi melupakan :D. Padahal belon tentu orang itu punya salah berat ke gw, tapi tetep aja gw gak bisa melupakan. Gw tetep aja sebel banget kalo denger nama tuh orang tapi...tapi ya, gw bisa juga loh muna. Gw tetep bisa berbasa-basi sama orang itu tanpa dia tau kalo sebenernya gw benci banget hehehe...

Poin ke 3 "tangkas/tanggap", dalam hal ini kadang anak kecil itu lebih peka akan kebutuhan orang lain. Kalo kita pasti mikir-mikir dulu kalo mau melakukan sesuatu, tapi kalo anak-anak kan biasanya spontan. Kalo dia liat orang butuh pertolongan pasti cepet ditolong, gak liat latar belakangnya, kaya/miskin, gak liat suku-bangsa, gak liat agama dll. Kalo kita? Pikir-pikir dulu, pikir untung-ruginya dulu, dll. Ya gak?

Poin ke 4??? Ntar deh kalo gw dah inget gw tambahin hehehe...
Segini aja dulu cukup. Cukup susah buat gw untuk mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Makanya kadang gw iri juga sama anak-anak, mereka masih punya jiwa-jiwa yang polos, tulus, gak dendam. Itu juga sebabnya Tuhan pengen kita seperti anak-anak itu. Tapi ya itu susah banget. Susah tapi gak ada salahnya untuk dilakukan terus dalam hidup sehari-hari menjadi seperti anak.

No comments:

Post a Comment